Friday, October 17, 2014

Kuliner Khas Banjarmasin

Selain  Udang Bakar dan Udang Goreng sambel jeruk dari restoran kami : ada Kuliner wajib yang harus dicoba di Banjarmasin. Pertama-tama tentunya Soto Banjar , yang terkenal adalah soto bawah jembatan.  Nama tempatnya saja unik ya, jangan dibayangkan nongkrong makan soto dibawah jembatan, tempatnya jauh dari bayangan seperti itu hehehe. Ada satu hal yang harus teman-teman ketahui sebelum memesan, soto Banjar seyogyanya memakai ketupat, TAPI jika Anda ingin memakai nasi maka pesanlah Nasi Soto.
Jadi menunya 2 : soto atau nasi sop, sebenarnya kuah dan racikannya sama, hanya saja penggunaan nasi atau ketupat yang membedakannya.


                                        Soto Banjar yang rasanya sulit dilupakan


Selain itu nasi kuning dan lontong sayur adalah menu sarapan wajib bagi masyarakat Banjar. Lontong sayur dan nasi kuning biasanya ditemani dengan beraneka pilihan lauk masak habang ( masak merah) : telor, ayam, itik, dg sapi, dan ikan haruan ( ikan gabus).


Lontong Sayur Iwak Intalu-Ayam
(Lontong sayur pake telor dan ayam)


Berikut adalah dua Kuliner yang cukup extrim bagi saya, sate daging rusa, sate buaya, sate Bulus       ( sejenis kura2), dan tim (cah) Bulus.


Sate daging Rusa

Sate Buaya, Sate Bulus dan cah Bulus

                                           
Ada satu peristiwa Kuliner yang menghadirkan kekayaan cita rasa masyarakat Banjar : Pasar Wadai  dan hadir  bertepatan dengan perayaan ibadah puasa yaitu selama 30 hari selama bulan Ramadhan di depan Mesjid Agung Istiqlal.  Buka mulai  sekitar jam 14.00 - maghrib . Jangan lupa membawa kamera kesayangan Anda , selain warna warni hidangan yang ditawarkan, di sepanjang sungai Martapura Anda bisa mendapatkan banyak shoot saat elang menangkap ikan-ikan sungai.

Manjakan kamera Anda di Pasar Wadai Banjarmasin


No comments:

Post a Comment